Perawatan Kulit Pada Usia Lanjut

Salah satu perubahan fisik yang tampak pada pertambahan usia adalah perubahan elastisitas kulit. Ciri penuaan antara lain adalah kulit jadi tampak kendur dan adanya flek-flek hitam. Hal tersebut terjadi karena kadar air sedikit, kolagen menjadi kurang larut, kulit menjadi tipis, kering, dan juga terlihat keriput.

Pada kulit kalangan lansia, produksi kelenjar sebaseanya menurun, lemak kulitnya berkurang, lebih mudah mengalami dehidrasi dan juga pengeluaran keringatnya berkurang drastis.

Oleh karena itu perlu dibedakan cara perawatan dan pembersihan pada kulit lansia dibandingkan dengan usia muda. Perawatan dengan menggunakan kosmetika pada usia lanjut dimaksudkan terutama untuk mengatasi kekeringan. Sebaliknya, perawatan kuratif secara medis lebih banyak dianjurkan untuk mengatasi rasa gatal, mengurangi keriput kulit, dan juga mengurangi gangguan sirkulasi yang menurun.

Untuk mengatasi kekeringan kulit pada lansia hampir sama seperti pada jenis kulit usia lainnya yakni dengan menggunakan pelembab, menggunakan emolien, serta menghindarkan diri dari faktor-faktor yang menambah kekeringan kulit seperti menggunakan bahan pembersih yang mengandung sabun, alkohol, detergen, dan lainnya.

Bagi Masyarakat Kota Bontang yang memiliki masalah pada kulit dapat melakukan pemeriksaan pada poliklinik kulit dan kelamin di RSUD Taman Husada Bontang yang membuka pelayanan setiap hari Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu.

Narasumber : dr. Andi Anwar Arsyad, M.Kes., Sp.KK.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.