Penyakit Gigi Berlubang dan Radang Gusi

Penyakit gigi berlubang dan radang gusi sangat erat kaitannya dengan kebersihan mulut yang buruk. Pada keadaaan mulut yang kotor, gigi-gigi tertutup oleh sisa-sisa makanan yang makin menumpuk dan melekat erat pada gigi yang dikenal sebagai plak. Plak gigi ini berisi kuman, air, protein, bahan organik dan anorganik. Kuman – kuman dalam plak dapat mengubah karbohidrat terutama zat gula menjadi asam dan asam ini dapat melarutkan lapisan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Selain itu, karena kuman tersebut hidup maka juga mengalami metabolisme dan sebagai hasilnya keluarlah zat-zat yang terdiri dari toxin/racun, enzim dan antigen yang dapat merusak gusi dan mengakibatkan penyakit radang gusi. Dalam suasana basa, plak dapat membentuk endapan kapur terutama di tempat-tempat terletaknya muara kelenjar ludah. Endapan kapur ini dikenal sebagai karang gigi.

Untuk menghindari penyakit gigi tersebut, drg. Clara M. I. Handojo yang merupakan dokter gigi di RSUD Taman Husada Bontang memberikan tips gigi sehat antara lain : 1. Gosok gigi minimal 2 kali sehari terutama pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur; 2. Rutin check up ke dokter gigi 6 bulan sekali; 3. Bila mengunyah makanan, gunakan kedua sisi geraham kiri dan kanan secara seimbang. Sebab timbunan plak akan menumpuk pada gigi yang tidak digunakan; 4. Jangan makan makanan yang terlalu keras; 5. Hindari minum alkohol, teh, kopi yang terlalu banyak serta kurangi merokok; 6. Hindari makanan yang manis dan melekat; 7. Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran sebab adanya sifat “Self Cleansing”; 8. Segera ganti gigi yang tanggal dengan geligi tiruan sebab gigi bergerak ke ruangan yang tidak bergigi sehingga susunan gigi menjadi renggang dan sisa makanan mudah terselip.

Bagi masyarakat Kota Bontang yang memiliki masalah pada gigi jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter gigi, karena bila dibiarkan gigi berlubang dapat berdampak fatal bagi tubuh karena bakteri yang ada di rongga mulut dapat berkembang biak dan dapat masuk ke pembuluh darah melalui gusi yang terbuka. Bakteri tersebut dapat menyebabkan sakit jantung, stroke, ginjal, infeksi sendi, kerapuhan, diabetes melitus.

Saat ini RSUD Taman Husada Bontang memiliki 2 orang dokter gigi dan 1 orang dokter spesialis kesehatan gigi anak serta ruangan poliklinik gigi yang sudah diperluas sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat Kota Bontang setiap hari senin sampai sabtu sesuai dengan jam pelayanan RSUD Taman Husada Bontang.

Narasumber : drg. Clara M. I. Handojo

Bookmark the permalink.

Comments are closed.